Friday, January 8, 2010

Joomla


Joomla! adalah Sistem manajemen konten (SMK atau CMS) yang bebas dan terbuka (free opensource) ditulis menggunakan PHP dan basisdata MySQL untuk keperluan di internet maupun intranet. Joomla pertamakali dirilis dengan versi 1.0.0. Fitur-fitur Joomla! diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performansi, RSS, blogs, poling, dll. Joomla! menggunakan lisensi GPL.

Asal kata Joomla sendiri berasal dari kata Swahili yang mengandung arti "kebersamaan".

Secara garis besar dan gamblang, Joomla! terdiri dari 3 elemen dasar, yaitu server web (webserver), skrip PHP dan basisdata MySQL. Server web diasumsikan terhubung dengan Internet/Intranet yang berfungsi sebagai penyedia layanan situs. Skrip PHP terdiri dari kode program dalam bahasa PHP dan basisdata merupakan tempat penyimpanan konten. Joomla menggunakan Apache sebagai server web dan MySQL untuk basisdatanya.

Pertamakali, pengguna meminta akses terhadap halaman Joomla dengan mengeksekusi URL pada browser web yang kemudian terhubung dengan server web. Permintaan ini yang dalam istilah teknis lebih dikenal dengan query string selain terdapat URL juga mengandung parameter konten (section, category, ID article dan lain-lain). Berdasarkan parameter tersebut, sistem skrip Joomla melakukan kontak dengan basisdata dan mengambil konten yang dimaksud berdasarkan parameternya. Terakhir, konten dan templat (template) digabung bersama dan kembali sebagai halaman html, gambar, css dan javascript.



Xampp adalah sebuah freeware yang didalamnya sudah terdapat program php, apache dan mysql. Jadi kita tidak perlu repot untuk melakukan intalasi ketiga program tersebut sendiri-sendiri. Hal ini tentu saja sangat memudahkan kita.

Download Xampp
Software ini bisa di download di http://apachefriends.org/en/xampp.html , ada beberapa pilihan Xampp untuk berbagai sistem operasi. Saya memilih untuk OS Windows. Kemudian download Xampp (saat tulisan ini dibuat sudah versi 1.6.4) pilih installer, besar file 34 MB, kemudian simpan ke dalam komputer.

Instalasi
1. Double klik pada file installer yangsudah di download
2. Ikuti instruksi yang tertera dihalaman selanjutnya, untuk instalasi standar tidak perlu melakukan perubahan apapun, tinggal lanjutkan saja dengan klik next.
3. Pada pilihan SERVICE SECTION beri tanda cek pada pilihan Apache dan MySQL as service.
4. Klik tombol install.
5. Instalasi akan berjalan dalam beberapa menit. Jika sudah selesai klik Finish.

Testing Localhost
1. Setelah instalasi selesai, selanjutnya adalah melakukan testing localhost
2. Aktifkan modul Apache, klik tombol star pada Apache hingga muncul “Running”
3. Buka browser yang biasa digunakan kemudian ketik pada address bar: http://localhost, lalu tekan enter
4. Browser akan masuk ke halaman http://localhost/xampp/splash.php
5. Jika muncul halaman dengan logo dan tulisan Xampp, maka instalasi berjalan sukses.

No comments:

Post a Comment