Wednesday, January 13, 2010

System tray



Memang major factor yang menentukan cepat lambatnya computer adalah processor. Sedangkan, system tray termasuk minor factor, tetapi lumayan berpengaruh. Banyaknya icon di system tray bisa karena memang setting awalnya atau karena penambahan penambahan program yang dilakukan setelah system installation.


Setiap kali anda menbah suatu program atau aplikasi, selalu ditawarkan apakah anda mengikut sertakan program/aplikasi yang sedang anda instal atau tidak. Sneaky-nya, biasanya sebagian besar aplikasi/program secara default tersetting untuk menambahkan dirinya di startup. Kita sendirilah yang harus mengubah defaultnya sesuai dengan keinginan kita (tidak mengikut sertakan ke dalam system tray (startup).

Mengikut sertakan suatu program ke dalam system tray kadang ada baiknya, terutama untuk program/aplikasi yang sangat anda butuhkan dan menyediakan free online update. Sehingga jika dimasukkan ke dalam system try, aplikasi akan melakukan auto-update setiap kali tersedia update. Jika tidak menyediakan free auto-update, sebaiknya jangan diikut sertakan ke dalam start-up.

Bagaimana dengan program/aplikasi yang sudah terlanjur berada di start-up sementara tidak memberi manfaat apa-apa selain membebani booting process? Sebaiknya di remove saja dari startup. Jangan khawatir, removing them from the start-up doesn’t mean mendelete aplikasi tersebut. Anda masih bisa mengakses0nya dari “start menu”.

Bagai mana cara menghilangkan icon yang tidak perlu

Caranya mudah saja:

1. Click “start”.
2. Pilih “run”.
3. Pada dialog box yang muncul, ketik “msconfig” (tanpa tanda kutip).
4. Pada panel yang muncul, pilih ”startup” (perhatikan gambar dibawah.
5. Di sana anda akan menemukan program/aplikasi yang sedang anda gunakan.
6. System icon yang sedang aktif tercentang (selected), carilah system icon yang ingin anda remove, lalu hilangkan tanda centang-nya.
7. Click tombol ”apply”.
8. Terakhir anda akan ditawarkan untuk re-start computer anda, karena effect baru akan terjadi setelah anda re-start. Jika ada aplikasi yang sedang terbuka sebaiknya di close dahulu, lalu yes restart.
9. Selesai

No comments:

Post a Comment